Master Cheng Yen Bercerita ” Raja Ashoka dan Sramanera Cilik ” (039)

Sharing is caring!

Master Cheng Yen Bercerita ” Raja Ashoka dan Sramanera Cilik ” (039)

Dharma sangatlah dalam dan luas. Dharma sangat dalam dan luas. Seberapakah dalamnya Dharma itu ? Seberapa luas ruang lingkup Dharma ? tidak bisa diukur. Karena itu, kita menggambarkannya dengan kata “sangat dalam”. Dharma sangat dalam, halus dan menakjubkan. “Halus” berarti sangat kecil. Orang zaman sekarang mengatakan bahwa istilah halus tidak cukup kecil. Kini sudah ada istilah “nanometer”. Nanometer adalah satuan untuk mengukur benda-benda yang paling halus dan kecil. Seberapakah kecilnya ? sangat kecil hingga tak terlihat oleh mata. Inilah yang disebut menakjubkan.

Ajaran Buddha di seluruh jagat raya ini tidak bisa diukur dengan cara apapun. Dharma hanya bisa dirasakan dengan hati. Karena itu, ia disebut dalam, halus dan menakjubkan. Jika dapat merasakan dan memahami Dharma, maka kita akan merasakan kegembiraan yang sulit dilukiskan dengan kata-kata. Karena itu dalam ajaran Buddha, kegembiraan itu digambarkan bagai kegembiraan saat bermain. Ia membuat hati kita penuh sukacita dan tidak terikat oleh apapun. Ini disebut dengan pembebasan batin. Setelah mendalami Dharma dalam , halus dan menakjubkan hati kita akan bebas dari keterikatan. Ini  disebut dengan pembebasan batin.

 

Inilah kondisi batin Bodhisattva. Pada saat bersumbangsih di dunia, para Bodhisattva dapat memahami bahwa kehidupan ini penuh dengan penderitaan. Para Bodhisattva dunia bersumbangsih dengan hati penuh sukacita tanpa terbelenggu oleh nafsu keinginan duniawi. Karena tidak terikat, hati mereka selalu sangat damai tanpa beban. Inilah Bodhisattva. Bodhisattva memahami Dharma yang sangat dalam, halus dan menakjubkan. Karena itu mereka selalu bersukacita. Inilah yang disebut “bermain”. Mendengar kata “bermain” saja  kita sudah merasa gembira. Bagi makhluk awam, permainan di dunia ini adalah mengejar kenikmatan, sedangkan “permainan” bagi Bodhisattva adalah bersumbangsih dengan hati yang damai dan penuh sukacita. Karena telah memperoleh Dharma yang dalam, halus dan menakjubkan mereka di penuhi sukacita.

 

Demikianlah kisah Raja Ashoka dan Sramanera Cilik :

https://youtu.be/LNu3gzMOV9Q?t=3m56s

 

Kisah ini sangatlah menarik. Kisah ini mengandung Dharma yang sangat dalam. Ini juga adalah sebuah permainan diantara dua orang. Apapun kondisi yang kita temui di dunia ini, janganlah membiarkan batin kita terbelenggu. Kita harus melihat kondisi sekitar dengan sungguh-sungguh agar bisa membedakan yang benar dan salah. Inilah yang disebut bersungguh-sungguh. Terlebih lagi di dalam era sekarang, kita harus bisa membedakan yang benar dan salah. Kita harus keluar dari kegelapan batin baru bisa memperoleh kebijaksanaan dan bisa membedakan yang benar dan salah.

 

Selama sesuatu itu benar maka kita harus melakukannya. Dengan begitu hati kita akan merasa gembira. Jika bisa selalu melakukan hal yang benar maka hati kita akan selalu dipenuhi kegembiraan. Inilah kondisi batin Bodhisattva. Jadi kita harus mempelajari Dharma dan menyerapnya ke dalam hati. Jika Dharma dan hati bisa menyatu, maka kita akan memperoleh kesadaran. Saat mendengar satu ajaran, kita akan memahami sepuluh, seratus bahkan seribu kebenaran.

Jika bisa tersadarkan dan menerima satu ajaran saja kita dapat memahami seluruh kebenaran di alam semesta. Jadi, pada saat bersumbangsih sebagai Bodhisattva, kita harus memahami kondisi di dunia ini. Setelah mendalami Dharma yang dalam, halus dan menakjubkan kita harus menggunakan hati penuh sukacita dan bebas dari keterikatan untuk bersumbangsih di dunia. Dengan demikian, kita akan merasa sangat bahagia. Dalam mempelajari ajaran Buddha kita harus dipenuhi sukacita dalam Dharma bukan membiarkan hati dipenuhi noda batin.

Demikianlah dituliskan kisahnya dari video Master Cheng Yen Bercerita ” Raja Ashoka dan Sramanera Cilik ” (039) https://youtu.be/LNu3gzMOV9Q

Master Cheng Yen Bercerita : Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA : Channel  Jakarta 59 UHF, Medan 49 UHF
Setiap Sabtu  18.30 WIB; Tayang ulang: Sabtu 22.00 WIB, Sabtu (Minggu berikutnya)  06.00 WIB
TV Online : https://www.mivo.com/#/live/daaitv

 

GATHA PELIMPAHAN JASA
Semoga mengikis habis Tiga Rintangan
Semoga memperoleh kebijaksanaan dan memahami kebenaran
Semoga seluruh rintangan lenyap adanya
Dari kehidupan ke kehidupan senantiasa berjalan di Jalan Bodhisattva

 

 

 

 

Sharing is caring!