Sanubari Teduh – 同體慈力與眾生樂 Memberi Kebahagiaan Bagi Semua Makhluk dengan Kekuatan Cinta Kasih

Sanubari Teduh – Memberi Kebahagiaan Bagi Semua Makhluk dengan Kekuatan Cinta Kasih – 004

Jika sungguh-sungguh melatih diri, setiap saat adalah waktu untuk melatih diri. Jika kita memahami tujuan melatih  diri, tiada waktu yang berlalu tanpa melatih batin. Selama kita mengerti arah dan tujuan kita, sesungguhnya setiap hari kita sedang berlatih  dengan metode Pertobatan Air Samadhi Welas Asih.

Pikiran bagaikan sebutir benih. Jika kita menanam benih yang baik, kelak ia akan bertunas, tumbuh besar, berbunga dan berbuah.      Benih apa yang ditanam, buah itulah yang akan dituai. Kini kita menanam benih yang baik, tetapi dimasa lalu, mungkin kita pernah menanam benih yang buruk karena belum memahami kebenaran. Kita menanam benih yang baik maupun buruk ini di dalam pikiran kita. Kini, kita harus bekerja keras untuk menanam benih yang baik.

Benih yang di tanam pada kehidupan lampau tak dapat di ubah dan tak perlu dilekati. Setiap saat dalam hidup saat ini adalah kesempatan baik. Janganlah disia-siakan. Kini kita mengetahui cara melatih batin kita. Selain menanam benih yang baik. Kitapun harus mengikis benih yang buruk. Untuk itu, kita harus selalu menjaga pikiran, senantiasa berpikiran baik, dan terus bersumbangsih. Jadi, bersumbangsih adalah praktik ke luar. Menjaga pikiran baik adalah latihan ke dalam. Jika tabiat buruk kita dari kehidupan lampau masih terbawa, kini, hendaknya kita mulai lebih memahami cara untuk melenyapkan tabiat buruk ini.

Menyerap Dharma ke dalam hati, mempraktekkan sutra secara nyata, dipenuhi kebahagiaan Dharma, dan diliputi kedamaian.  Buddha mengajarkan 84.000 metode terampil untuk membimbing semua makhluk secara bertahap agar dapat tersadar, memahami kebenaran, dan mengubah tabiat buruk. Bagaikan air yang membersihkan kotoran, ajaran ini menyucikan batin kita.

Saudara sekalian kita harus bersungguh-bersungguh. Jangan lengah dalam sumbangsih ke arah luar dan melatih ke arah dalam. Semoga semuanya lebih bersungguh sungguh hati.

Demikianlah diintisarikan dari Sanubari Teduh – Memberi Kebahagiaan Bagi Semua Makhluk dengan Kekuatan Cinta Kasih – 004  https://youtu.be/6jfzZrOG09k

Sanubari Teduh : Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Minggu 05.30 WIB ; Tayang ulang: Sabtu 05.30 WIB

Channel  Jakarta 59 UHF, Medan 49 UHF
TV Online : https://www.mivo.com/#/live/daaitv

GATHA PELIMPAHAN JASA
Semoga mengikis habis Tiga Rintangan
Semoga memperoleh kebijaksanaan dan memahami kebenaran
Semoga seluruh rintangan lenyap adanya
Dari kehidupan ke kehidupan senantiasa berjalan di Jalan Bodhisattva