Sanubari Teduh – Lima Metode Menenangkan Pikiran (359)

Sanubari Teduh – Empat Ikatan – Bagian 1 (106)

 

Video Youtube : https://youtu.be/A2CBnF9ykeM

 

Saudara se-Dharma sekalian,  adakah pikiran kita melekat pada kondisi luar hidup kita ? Kemelekatan sungguh membuat kita sangat menderita. Kehidupan manusia hanyalah perpaduan dari empat unsur. Segala sesuatu di alam semesta yang dapat kita sentuh, manakah yang bukan perpaduan dari 4 Unsur ? Unsur tanah, air, api dan angin. Demikianlah segala sesuatu di dunia. Begitu juga dengan tubuh kita. Apalagi yang perlu kita lekati ?. Tidak perlu melekat,  tetapi makhluk awam melekatI banyak hal. Selain melekat pada tubuh yang semu  dan benda materi di luar diri yang terus kita perebutkan terus tanpa henti, masih terdapat Empat Ikatan, yaitu 4 Hal yang mengikat kita sehingga tak bisa terlepas dari penderitaan yang tak terkira.

 

Adakalanya menciptakan karma buruk akibat Empat Ikatan.

Empat Ikatan :

  1. Ikatan Ketamakan
  2. Ikatan Kebencian
  3. Ikatan Sila
  4. Ikatan Pandangan

 

Dari Empat Ikatan, yang pertama adalah Ikatan Ketamakan. Terikat berarti terbelenggu sesuatu, dan tidak bisa terlepas dari empat hal, yang pertama adalah ketamakan. Ketamakan dan kehidupan manusia sepertinya memiliki hubungan yang sangat erat. Terutama mengenai noda dan kegelapan batin, semua noda dan kegelapan batin juga tak terlepas dari ketamakan. Dapat diketahui bahwa ketamakan ini sungguh merupakan sumber penderitaan. Semua sumber penderitaan berasal dari ketamakan. Inilah yang menyebabkan  semua makhluk tak dapat terbebas dari penderitaan. Mengenai ketamakan ada orang menjadi tamak karena tidak memiliki apa-apa. Ada yang tamak hingga merasa tak pernah cukup. Ketamakan ini selamanya tak pernah merasa terpuaskan. Jika tidak dapat merasa puas, seseorang akan terus bersikap tamak.

 

Ketamakan adalah sumber kegelapan batin dan awal dari noda batin, dapat membuat manusia membelenggu diri sendiri hingga terjerumus ke dalam jurang nafsu keinginan.  Jika tidak melekat pada ketamakan, batin akan dapat meraih pembebasan dan kehidupan akan damai tanpa beban. Jadi, ini semua tergantung pada pikiran. Kapan kita baru benar-benar memperoleh pembebasan ? Mengenai pelatihan diri, bukanlah menunggu sampai  ada waktu, baru kita melatih diri, lalu berharap mencapai pembebasan pada kehidupan mendatang. Sesungguhnya pembebasan harus di raih saat ini, bukan pada kehidupan yang akan datang.

 

Hidup ini berada di luar kendali kita. Tiada yang dapat di bawa serta, hanya karma yang terus mengikuti. Kehidupan mendatang tidaklah pasti, bergantung pada karma kita dikehidupan sekarang kemanakah buah karma pengondisi membawa kita ? Buah karma pengondisi adalah tempat kita di lahirkan.

 

Saudara sekalian bagaimana cara memulai pelatihan diri untuk meraih pembebasan ? Bagaimana cara meraih pembebasan bagi umat awam dan anggota Sangha ? Bukan menunggu sampai ada waktu, baru melatih diri agar terbebaskan dari kehidupan mendatang.  Tidak mungkin. Setelah mengetahuinya, kita harus segera berlatih. Dalam kehidupan ini, jika noda batin tidak segera dilenyapkan,  maka hati kita akan diliputi kerisauan dan tidak bisa kita kendalikan. Dengan demikian kita tidak mungkin dapat meraih pembebasan.

 

Manusia menderita akibat ketamakan. Setelah menyadari hal ini, hendaklah memanfaatkan waktu untuk sungguh-sungguh melatih diri agar tidak lagi terbelengguh oleh ketamakan. Karena itu kita seharusnya segera melatih diri saat ini juga. Kehidupan diliputi banyak persoalan. Jika semua kebutuhan dasar dapat tercukupi, maka itu sudah cukup. Selama dapat hidup layak, itu sudah cukup. Hal lainnya harus kita lepaskan, barulah kita tidak terikat ketamakan. Ikatan Ketamakan ini sungguh membawa penderitaan. Terdapat Empat Ikatan   dan ketamakan adalah salah satunya. Ketamakan akan mengikat diri kita di 6 alam kehidupan dan 4 jenis kelahiran hingga kita tak dapat mengendalikan diri. Berhubung telah memahaminya, kita harus senantiasa bersungguh-sungguh.

 

 

Demikianlah diintisarikan dari  Sanubari Teduh – Empat Ikatan – Bagian 1 (106) https://youtu.be/A2CBnF9ykeM

 

Sanubari Teduh : Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA : Setiap Minggu 05.30 WIB ; Tayang ulang: Sabtu 05.30 WIB

Channel  Jakarta 59 UHF, Medan 49 UHF
TV Online : https://www.mivo.com/#/live/daaitv

GATHA PELIMPAHAN JASA
Semoga mengikis habis Tiga Rintangan
Semoga memperoleh kebijaksanaan dan memahami kebenaran
Semoga seluruh rintangan lenyap adanya
Dari kehidupan ke kehidupan senantiasa berjalan di Jalan Bodhisattva