Sanubari Teduh – 及時改過轉業為福 Segera Mengoreksi Diri dan Mengubah Karma Buruk Menjadi Berkah

Sanubari Teduh – 及時改過轉業為福 Segera Mengoreksi Diri dan Mengubah Karma Buruk Menjadi Berkah

 

 Semua makhluk di liputi kekeruhan yang tebal. Siapa yang tak pernah melakukan pelanggaran ?  Siapa yang tak pernah melakukan kekeliruan ? Makhluk awam bertindak bodoh karena kegelapan batin.

Saudara se-Dharma sekalian. Tujuan kita mempelajari ajaran Buddha adalah memahami kebenaran.  Dalam proses ini, kita pun harus memahami batin kita sendiri. Tentu saja    dalam kehidupan manusia di dunia, siapa yang taqk pernah melakukan kesalahan ?  Semua makhluk diliputi kekeruhan tebal, siapa yang tak pernah melakukan pelanggaran, siapa yang tak pernah melakukan kekeliruan ? Pelanggaran adalah kesalahan yang disengaja. Yang tidak di sengaja disebut kekeliruan. Seperti yang biasa kita ketahui, kesalahan yang disengaja tak dapat dimaafkan. Inilah norma hukum yang berlaku di masyarakat. Jika sengaja melakukan kejahatan terencana, itu termasuk pelanggaran berat. Kesalahan yang tidak disengaja dapat dianggap lebih ringan. Karena itu, kita semua seharusnya tidak melakukan kejahatan terencana untuk mencelakai orang lain janganlah kita melakukan hal ini.

Jika sadar telah berbuat salah tanpa sengaja, kita harus segera memperbaiki diri. Karena sejak masa tanpa awal kita telah terus terlahir di 6 alam. Maka kita tak luput dari kesalahan. Oleh sebab itu, ketika karma berbuah, kita harus mengingatkan diri sendiri bahwa karma buruk masa lampau kini berbuah. Jika kita dapat segera memperbaiki diri, maka karma buruk akan lebih mudah terkikis. Orang yang dapat memperbaiki diri berarti telah memulai kehidupan yang baru.

Hukum sebab akibat bekerja melampaui pemikiran awam. Asalkan memiliki pikiran yang baik, memahami cara memilih yang baik dan meninggalkan yang buruk, nasib akan dapat berubah.   Siapa yang tak pernah melakukan pelanggaran ?  Siapa yang tak pernah melakukan kekeliruan ? Karena diliputi kekeruhan yang tebal, semua makluk terus menciptakan karma buruk. Tanpa kesadaran, karma buruk akan semakin banyak, karena itu, baik melakukan pelanggaran maupun kekeliruhan, semuanya biasa terjadi. Kita mempelajari ajaran Buddha adalah agar dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan prinsip hukum sebab akibat yang berlaku dalam kehidupan manusia.  Jadi, mari semua selalu bersungguh-sungguh.

Demikianlah diintisarikan  Sanubari Teduh – 及時改過轉業為福 Segera Mengoreksi Diri dan Mengubah Karma Buruk Menjadi Berkah (006) https://youtu.be/uzfoJDeJjds

 Sanubari Teduh : Disiarkan di Stasiun Televisi Cinta Kasih DAAITV INDONESIA :
Setiap Minggu 05.30 WIB ; Tayang ulang: Sabtu 05.30 WIB

Channel  Jakarta 59 UHF, Medan 49 UHF
TV Online : https://www.mivo.com/#/live/daaitv

GATHA PELIMPAHAN JASA
Semoga mengikis habis Tiga Rintangan
Semoga memperoleh kebijaksanaan dan memahami kebenaran
Semoga seluruh rintangan lenyap adanya
Dari kehidupan ke kehidupan senantiasa berjalan di Jalan Bodhisattva